RHQ Gresik Dengungkan Kota Santri dengan Ayat Suci Al-Qur’an

0
834

DUKUN | NUGres – Dengungan suara ayat suci Al-Qur’an mengema di Desa Madumulyorejo Kecamatan Dukun, Minggu (16/02/2020) kemarin. Para huffadz – sebutan penghafal Qur’an tengah melantunkan ayat Tuhan dengan merdu. Mereka membaca tanpa melihat mushaf.

Suasana itulah terlihat dalam pelantikan pengurus Robithoh Hamalatil Qur’an (RHQ) Kabupaten Gresik, di Desa Madumulyorejo, Kecamatan Dukun. Sebanyak ribuan penghafal Qur’an tumpek blek jadi satu. Mereka mengikuti majlis dan menyaksikan pelantikan pengurus baru RHQ periode 2020-2025.

Ketua RHQ Cabang Gresik terpilih Zabidi Syafik mengatakan ada sebanyak 42 pengurus yang dilantik. Diharapkan para pengurus yang mengemban amanat menjalankan roda organisasi dengan baik.  Sehingga RHQ yang merupakan wadah bagi penghafal Al-Qur’an bisa menfasilitasi anggota yang dinaunginya.

Sebagai rangkaian pelantikan RHQ, panitia menggelar pembacaan Al- Qur’an tanpa melihat Mushaf atau khotmil Qur’an bil ghoibi. Namun sebelum itu terdapat 100 majlis pembacaan ayat Qur’an yang diselenggarakan di ratusan rumah warga. “Masing-masing majelis terdiri 3 orang hafidz,” ungkapnya.

Perlu diketahui RHQ ini berdiri sejak tahun 2012 lalu. Saat ini organisasi penghafal Qur’an itu telah memiliki anak cabang di semua kecamatan di kabupaten Gresik. “Ada sekitar seribu lebih anggota yang tetdaftar. Mereka menyebar diseluruh Kabupaten Gresik,” ungkapnya lagi.

Sementara itu Wabup Gresik Moh Qosim yang ikut melantik mengaku sangat apresiasi terhadap organisasi tersebut. Menurut Qosim, Al- Qur’an selain sebagai pedoman hidup manusia juga menjadi obat dan rahmat bagi seluruh alam, sehingga mampu membuat kita merasa aman dan tenang.

“kita merasa bangga dengan apresiasi setinggi tingginya dengan kehadiran RHQ di Kabupaten Gresik. Semoga Gresik selalu aman tentram terhindar dari musibah,” ujar Qosim.

Hadir pada pelantikan tersebut. Antara lain Rois syuriah Dr KH Ahmad Thoyyib Mas’udi, Ketua Tanfidziyah MWC NU Dukun KH Moh Sholeh, Camat Dukun Fatah Hadi dan seluruh pengurus Ranting NU dan badan otonom (Banom NU) Desa Madumulyorejo.

Kontributor : Syafik Hoo

Editor : Aam Alamsyah

 

Leave a reply