Peringati HSN, PCNU Gresik Ziarah ke Makam Mbah Faqih Maskumambang

0
381

GRESIK | NUGres – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) kali ini dilakukan dengan cara sederhana. Yakni peringat noan dilakukan dengan menyambangi para tokoh dan muassis NU. Antar lain, Mbah Faqih Maskumambang dan KH Robbach Ma’shum.

Peringatan sederhana ini dilakukan karena pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman. Kendati demikian, acara itu tidak meninggalkan esensi. Yakni meneladani apa yang diperjuangkan muassis NU dalam mempertahankan keutuhan berbangsa dan beragama.

Kegiatan ini dipusatkan di Makam KH Moh Faqih Maskumambang Dukun Gresik.(21/10/2020). Mbah Faqih sendiri perlu diketahui merupakan Wakil Roisul Akbar dan pendiri NU dari Kabupaten Gresik. Dalam artian Mbah Faqih merupakan salah satu ulama’ penting di awal berdirinya NU.

Ketua PCNU Gresik KH Khusnan Ali mengharapkan, dengan dilaksanakan ziarah muassis NU ini, para santi maupun jamiyah bisa meneruskan cita-cita perjuangan. Yakni menjaga Akidah Ahlussunah Waljamaah An Nahdliyah.

“Dengan giat ini kita bisa mengenang jasa pendahulu untuk memperkokoh militansi para penerus,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan ketua GP Ansor Kabupaten Gresik Abd Rohim. Dia menyerukan seluruh kader Ansor Banser bisa meneladani dan meneruskan perjuangan Mbah Faqih Maskumambang.

PC GP Ansor Gresik mengajak seluruh kader Ansor Banser untuk bisa mewujudkan rencana PCNU Gresik untuk pemugaran makam Mbah Faqih Maskumambang.

“Sehingga kedepanya Warga NU ketika berziarah lebih nyaman dan kebersihan bisa terjaga,” kata Abd Rahim.

“Tentu butuh peran aktif dan kerjasama di semua pihak dan stekholder yang lain terutama para kader penggerak NU,” tuturnya.

Acara ziarah Muassis NU dalam rangka menyongsong HSN Tahun 2020, beberapa jajaran PCNU Gresik tampak hadir. Antara lain Ketua PCNU Gresik, MWC NU Sidayu, Pangkah, Dukun, Panceng, Bungah dan Balungpanggang. Tidak ketinggalan, Ketua PC Ansor, PC Fatayat, PC Muslimat, Ansor Banser dan kader penggerak NU wilayah Pantura.

Sementara itu dalam pantauan, pembacaan tahlil di makam Mbah Faqih dipimpin oleh Rois Syuriyah MWC NU Dukun Dr KH Ahmad Thoyyib Mas’udi dan Tahlil di makam KH Robbah Ma’shum dipimpin oleh KH Ahmad Khusairi dari Balungpanggang Gresik.

Pewarta : Syafik Hoo

Leave a reply