Oleh Ibnu Zahid Abdo el-Moeid
Bulan Romadlon adalah bulan yang penuh barokah, rohmat dan maghfiroh dari Alloh SWT. Bulan diwajibkannya puasa di siang harinya dan disunnahkannya sholat malam pada malam harinya, serta keutamaan salah satu malam di dalamnya, yakni malam lailatul qodar, firman Alloh di dalam al-Qur’an
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)
Walaupun di bulan lainnya sudah banyak diterbitkan jadwal sholat oleh lembaga-lembaga maupun pegiat-pegiat hisab, namun untuk penekanan intensitas ibadah di bulan Romadlon biasanya dibuat jadwal khusus yang disebut Imsakiyah Romadlon. Imsakiyah Romadlon pada dasarnya sama dengan jadwal sholat biasa namun perbedaanya adalah pengurangan ihtiyat waktu maghrib sebagai manifestasi sunnah rosul “menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur”, Rosululloh SAW bersabda :
عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَاتَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍمَاعَجَّلُوا الِإفْطَارَ وَأَخَّرُوا السَّحُوْرَ(مسند أحمد)
Dari Abu Dzar beliau berkata : Bersabda Rosululooh SAW. “Ummatku akan selalu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur” (Musnad Imam Achmad)
Disamping itu juga penambahan jadwal Imsak, yakni jeda waktu 10-15 menit sebelum
masuknya waktu Shubuh sebagai batas akhir waktu sahur walaupun batas awal puasa adalah masuknya waktu Shubuh. Sebagian orang sekarang yang mengklaim diri ‘ahlul ilmi’ memandang bahwa imsak termasuk menyelisihi sunnah, bahkan sebagian yang lannya mengatakan bahwa imsak adalah bid’ah, karena tidak sesuai dengan hadits dari Abu Dzar diatas serta firman Alloh di dalam Al-Qur’an :
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ (البقرة 187)
“Dan makan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. ” (QS. Al-Baqarah: 187)
Ayat diatas bukanlah perintah untuk makan dan minum sampai Shubuh, namun diperbolehkannya makan dan minum serta berkumpul dengan istri dan batasnya adalah sampai Shubuh. Ayat ini turun karena sebelumnya umat Islam ketika malam bulan Romadlon beranggapan bahwa makan, minum dan berkumpul dengan istri hanya diperbolehkan sebelum tidur, jika sudah tertidur dan bangun di malam hari maka tidak boleh makan, minum dan berkumpul dengan istri walaupun belum datang waktu Shubuh.
Tanda-tanda waktu Shubuh adalah yang paling sulit diamati diantara tanda-tanda waktu sholat lainnya, karena itu untuk menghindari batalnya puasa karena keterbatasan kita dalam mengobservasi fenomena alam yang berkaitan dengan masuknya waktu Shubuh
Waktu imsak ini walaupun tidak diperintahkan oleh Rosululloh namun dipraktekannya, sebagaimana riwayat sahabat Zaid bin Tsabit :
عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتْ قَالَ : تَسَخَّرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ثُمَّ قُمْناَ إِلَى الصَّلاَةِ وَكَانَ قَدْرُ مَا بَيْنَهُمَا خَمْسِيْنَ آيَةً
Dari Zaid bin Tsabit, berkata : “Kami sahur bersama Rosululloh SAW. Kemudian kami mununaikan sholat Shubuh, dan waktu antara sahur dengan sholat sekitar 50 ayat (membaca Al-Qur’an 50 ayat)”.
Disimpulkan oleh ahli hisab bahwa jeda bacaan 50 ayat antara sahurnya Rosululloh dan waktu Shubuh tersebut sekitar 10 sampai 15 menit
Disamping waktu Imsak, yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang pembagian waktu ibadah selama bulan Romadlon adalah waktu Nisful Lail. Nisful Lail (separuh malam) adalah waktu yang hampir terabaikan oleh ahli hisab ketika membuat jadwal sholat, padahal waktu ini sangat erat kaitannya dengan awal waktu sholat malam serta masuknya waktu Bermalam di Muzdalifah, Melempar Jumroh dan Mencukur rambut bagi jamaah haji. Nisful Lail pada bulan Romadlon di sebagian daerah ditandai dengan menabuh Beduk Dandang sebagai tanda saatnya bangun untuk sholat malam
Sampai saat ini penulis tidak pernah menjumpai jadwal sholat yang mencantumkan waktu nisful lail, kecuali jadwal sholat yang dikeluarkan oleh Lajnah Falakiyah NU Gresik
Sebagian besar kalangan menganggap bahwa nisful lail/tengah malam adalah jam 12 malam waktu istiwak, seperti halnya tengah hari/tengah siang adalah jam 12 siang waktu istiwak, karena satu hari satu malam terhitung 24 jam.
Betulkah tengah malam adalah jam 12 malam waktu istiwak?
Sebelum kita menjawab pertanyaan diatas maka terlebih dahulu kita membahas definisi Malam(Al-Lail) dan Siang(Al-Yaum/Al-Nahar).
1. Menurut ahli falak : Siang adalah rentang waktu sejak terbitnya piringan atas matahari sampai terbenamnya seluruh piringan matahari, sedangkan malam adalah rentang waktu sejak terbenamnya piringan atas matahari sampai terbitnya piringan atas matahari.
2. Menurut ahli Fiqih : Siang adalah rentang waktu sejak terbitnya fajar shodiq sampai terbenamnya seluruh piringan matahari, sedangkan malam adalah rentang waktu sejak terbenamnya seluruh piringan matahari sampai terbitnya fajar shodiq.
Madzhab Syafi’i
1. قوله : ( ليلا ) أي فيما بين غروب الشمس إلى طلوع الفجر فلو قارنه الفجر لم يصح (حاشية قليوبي (2/ 66)
2. قوله صلى الله عليه وسلّم: “من لم يبيت الصيام قبل الفجر فلا صيام له” رواه الدارقطني أي من لم يبيت نية الصيام قبل الفجر فلا صيام له صحيح، والمراد بتبييتها إيقاعها في جزء من أجزاء الليل من الغروب إلى الفجر (كاشفة السجا في شرح سفينة النجا (ص: 281))
3. (وجعلنا الليل لباسا) الليل من غروب الشمس إلى طلوع الفجر (المجموع شرح المهذب (16/ 430)
4. قوله : ( الليل ) وهو من غروب الشمس إلى طلوع الفجر عند بعضهم أو إلى طلوع الشمس عند بعضهم (تحفة الحبيب على شرح الخطيب (4/ 235)
Madzhab Maliki
1. “ويذكروا اسم الله في أيام معلومات” فذكر الأيام دون الليالي والمراد بالليالي هنا من غروب الشمس إلى طلوع الفجر (الثمر الداني (ص: 395))
2. والمعتبر الليل الشرعي وهو من غروب الشمس إلى طلوع الفجر كما صرح بذلك الجزولي وهو ظاهر (مواهب الجليل لشرح مختصر الخليل (2/ 79))
3. قال محمد بن رشد : وهذا كما قال ، لأن النهار في الشرع من طلوع الفجر إلى غروب الشمس ، والليل من غروب الشمس إلى طلوع الفجر ، لأن النبي صلى الله عليه وسلم قال : “إن بلالاً ينادي بليل فكلوا واشربوا حتى ينادي ابن أم مكتوب” فبين بذلك أن طلوع الفجر آخر الليل وأول النهار – وقال صلى الله عليه وسلم : “إذا أقبل الليل من هاهنا وأدبر النهار من هاهنا فقد أفطر الصائم” . فبين بذلك أيضاً أن غروب الشمس آخر النهار وأول الليل (البيان والتحصيل (3/ 98))
Madzhab Hanafi
1. التبييت : ومعناه أن ينوي الصيام من الليل من غروب الشمس إلى طلوع الفجر(فقه العبادات – حنفي (ص: 128)
2. قوله ( وهو اليوم ) أي اليوم الشرعي من طلوع الفجر إلى الغروب (حاشية ابن عابدين (2/ 371)
Madzhab Hambali
1. أنَّ وقت العِشَاء إلى نصف الليل. ولكن ما المراد بنصف الليل؟ هل الليل من غروب الشَّمس إلى طُلوعها؟ أو من غروب الشَّمس إلى طُلوع الفجر؟ أما في اللغة العربية: فكلاهما يُسمَّى ليلاً، قال في «القاموس»: «الليل: من مغرب الشَّمس إلى طُلوع الفجر الصَّادق أو الشمس». أما في الشَّرع: فالظَّاهر أن الليل ينتهي بطلوع الفجر، وعلى هذا نقول: الليل الذي يُنَصَّفُ من أجل معرفة صلاة العشاء: من مغيب الشَّمس إلى طُلوع الفجر، فنِصْفُ ما بينهما هو آخر الوقت، وما بعد منتصف الليل ليس وقتاً للصَّلاة المفروضة، إنما هو وقت نافلة وتهجُّد (الشرح الممتع على زاد المستقنع (2/ 115)
2. وأما كيف يعرف المكلف نصف الليل فإنه يحسب من غروب الشمس إلى طلوع الفجر الصادق، ثم يقسم ذلك على اثنين، ثم يضيف النصف الذي خرج من هذه القسمة إلى وقت الغروب، فلو كان غروب الشمس الساعة السادسة، وأذان الفجر الصادق الساعة الخامسة، فمعنى ذلك أن الليل يستمر من الساعة السادسة إلى الخامسة بمقدار إحدى عشرة ساعة، ونصفها خمس ساعات ونصف، فيضيفها إلى الساعة السادسة التي هي وقت الغروب، فتصبح الساعة الحادية عشرة والنصف هي منتصف الليل. وبناءً على ذلك لا بد أن يعلم ساعة الغروب وساعة طلوع الفجر الصادق، ثم يفعل ما ذكرنا. وقال بعض العلماء: إنه يَقْسِم ما بين طلوع الشمس وغروبها. وهذا مرجوح. (شرح زاد المستقنع للشنقيطي (30/ 9، بترقيم الشاملة آليا)
Di dalam kitab Al-Jami’ Liahkaami Al-Quraan disebutkan :
حد الليل: من غروب الشمس إلى طلوع الفجر (الجامع لأحكام القرآن (2/ 39))
Kesimpulannya
Yang dimaksud siang adalah rentang waktu sejak terbitnya fajar shodiq sampai terbenamnya seluruh piringan matahari
Sedangkan malam dalam ranah fiqh adalah waktu yang dihitung dari waktu maghrib sampai shubuh(munculnya fajar shodiq), dan bukannya dari Maghrib sampai terbit matahari.
Dengan demikian maka Nisful Lail yakni separuh malam adalah tengah-tengah antara Maghrib (terbenamnya matahari) sampai Shubuh (munculnya fajar shodiq).
Untuk menghitungnya maka harus diketahui terlebih dahulu awal waktu Maghrib dan awal waktu Shubuh sebagai penentu panjang malam secara syar’i.
Misalnya di Gresik tanggal 10 Nopember 2014, waktu Maghrib = 17:26:07 WIB sedangkan waktu Shubuh = 03:39:10 WIB. Maka panjang malamnya adalah 10:13:03 jam, lalu dibagi dua = 5:06:31 jam, lalu ditambahkan dengan waktu maghrib = 17:26:07 + 5:06:31 = 22:32:28, maka nisful lail = 22:32:28 WIB
Untuk menjadikannya ke jam istiwak maka ditambah tafawwut WIB dengan waktu istiwak setempat pada tanggal tersebut yang nilainya 46 menit 46 detik sehingga hasilnya 22:32:28 + 00:46:46 = 23:19:24
https://drive.google.com/file/d/0BzxAVLsl21qFVmZ3bGh1dDJPM2c/edit?usp=sharing