Salut, Sarjana Pengurus PCI Lakpesdam Turkey Asal Gresik Tak Gengsi Jualan Pentol

0
1078

BUNGAH | NUGres – Salah satu Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Turkey, Fahmi (25), remaja asal Desa Tajung Widoro Pulau Mengare, Kecamatan Bungah, Gresik bersama dua rekannya yakni Faisal dan Rudi untuk menekuni usaha jualan pentol di Jalan Raya Bungah-Dukun.

Lebih menariknya lagi, Fahmi merupakan remaja lulusan Al Azhar University Kairo Mesir dan tengah menjalani pendidikan S2 di Instnbul Sabahatin Zaim University Turky. Kendati demikian, ia tak canggung melakoni pekerjaan yang dimulainya sejak awal tahun 2021 lalu itu.

“Awalnya mau bikin angkringan, namun karena tidak menemukan lokasi, jadi akhirnya jualan pentol sejak awal 2021 kemarin,” ungkap Fahmi.

Diakuinya, ide berdagang pentol ini bermula dari hanya sekedar mengisi waktu luang selama dirumah. Namun lambat laun, usahanya kian merangkak laris.

“Awalnya iseng untuk mengisi waktu selama dirumah, karena kuliah saya di Turkey sedang libur tatap muka, namun saya melihat usaha pentol ini sangat prospek karena selalu laris, maka saya beri’tikat mengembangkan dengan membuat pentol berbagai varian,” terangnya.

Pentol dagangan Fahmi dan dua rekannya memiliki puluhan varian, harganya pun relatif murah dan sangat terjangkau.

“Diantara varian pentol yang kami jual, diantaranya pentol isi udang, pentol ayam, pentol daging, pentol usus, pentol telor puyuh, concong, cabe rawit, dinsum, dumpling, sosis, twister, ccikuwa, siomay, tahu, cidea, kepiting dan Jamur,” ujar Fahmi bercerita.

“Harganya rata-rata 1000 rupiah mas,” imbuhnya.

Dalam sehari, kata Fahmi, dirinya bisa menjual 1000 pentol. Adapun omsetnya, Fahmi dan dua rekannya bisa bisa mencapai 12 juta dalam sebulan.

“Kalau bersih rata-rata 400 ribu perhari, jadi kurang lebih 12 jutaan perbulan,” jelasnya.

Pewarta : Rifqi

Leave a reply