Roro Esti: The future of our country is really in our hands

0
341

Wawancara Eksklusif NUGres dengan Wakil Wong Gresik Dyah Roro Anggota DPR RI Termuda di Jawa Timur

GRESIK | NUGres – Dyah Roro Esti Widya Putri, perempuan dengan berjuta prestasi akademik itu belakangan mulai banyak menjadi sorotan. Bagaimana tidak, di usianya yang sangat muda, perempuan kelahiran Jakarta itu sukses melenggang ke Gedung Senayan sebagai Anggota DPR RI.

Alumnus Universitas Manchester Inggris yang kini duduk di Komisi VII DPR RI Bidang Energi, Riset, Teknologi dan Lingkungan hidup itu hadir sebagai pembicara dalam Talk Show Gresik Maju Bersama Millenial NU di peluncuran media center PCNU Gresik, sabtu (14/3).

Berikut wawancara eksklusif alamsyah, waratwan NUGres dengan Dyah Roro Esti Widya Putri seputar generasi millenial.

Apa arti milenial menurut Mbak Roro?

Arti milenial buat saya adalah harapan akan adanya perubahan positif yang signifikan dalam pembangunan bangsa Indonesia. Di era bonus demografi ini (2020-2030), 70% penduduk Indonesia masuk di kalangan produktif. Milenial pada khususnya merupakan 23,77% dari total populasi.

The future of our country is really in our hands. Sekarang tergantung kita, apakah kita ingin aktif dan berkontribusi semaksimal mungkin, sesuai bidang masing-masing, untuk negara. Atau kita memilih untuk tidak berperan dalam hal ini.

Kemudian, apa saja yang dilakukan kaum milenial untuk menghadapi zaman yang bergerak begitu cepat ini?

Indonesia di prediksikan mempunyai potensi untuk menjadi ekonomi terbesar ke-4 pada tahun 2045. Dengan begitu menurut saya, banyak yang bisa di kontribusikan oleh para millenial sesuai dengan bidang mereka masing-masing.

Contohnya di era Industri 4,0 ini, banyak sekali millenial yang memilih jalur ‘start-up’ di berbagai macam bidang seperti pendidikan, transportasi, maupun komersial. Selain dari itu juga sudah mulai banyak online business yang di kelola oleh para milenial. Mari kita gunakan teknologi untuk hal-hal yang positif, yang pada akhirnya dapat berperan dalam merealisasikan kemajuan ekonomi negara.

Selanjutnya langkah apa yang dilakukan Mbak Roro di DPR RI untuk kaum milenial di Gresik?

Sebagai wakil rakyat atau Anggota DPR RI termuda di Jawa Timur, saya mempunyai tanggung jawab besar yaitu untuk menyuarakan aspirasi para anak muda di Gresik. Maka saya sangat terbuka untuk berdiskusi agar, suara anak muda benar-benar terwakilkan.

Pada masa reses, saya berusaha untuk ketemu dengan masyarakat dalam membuka forum diskusi tersebut. Mengingat tugas pokok dan fungsi Anggota DPR RI yaitu: legislasi, anggaran dan pengawasan.

Selain dari itu, beberapa kali ini ada beberapa perwakilan anak muda yang mampir ke kantor. Karena saya saat ini di tugaskan di Komisi VII (Bid. Energi, sumber daya mineral, lingkungan hidup, riset dan teknologi), kami membahas mengenai kedaulatan energi di Indonesia dan pencapaian target 23% energi baru terbarukan. Kedepannya saya akan tetap membuka ruang untuk berdiskusi, monggo bisa mampir ke kantor.

Lalu, di tengah isu radikalisme yang mengancam ini, apa yang harus dilakukan oleh kaum millenial?

Ini topik yang sangat luas, tapi pada intinya menurut saya kita harus bijak dalam menggunakan gadget atau sosial media. Karena walau banyak manfaatnya, sosmed juga merupakan sumber penyebaran berita hoax (khususnya terkait radikalisme, atau ideologi agama yang tidak benar).

Jadi apapun informasi yang kita baca, perlu ada sistem verifikasinya dari diri kita sendiri, dengan cara kita mencari ‘source’ lainnya untuk mengklarifikasi bahwa informasi tersebut benar.

Atau bisa juga dibicarakan dengan teman, keluarga dan orang-orang di sekitar kita. Ingat bahwa, we have control over the kind of information we choose to believe in.

Penulis : Am Alamsyah

Leave a reply