PKD Komisariat PMII Matahari Terbit Diharapkan Cetak Kader Pemimpin

oleh -378 Dilihat
Pembukaan PKD PMII Komisariat Matahari Terbit
Pembukaan PKD PMII Komisariat Matahari Terbit berlangsung di Gedung NU Cabang Gresik, Kamis (2/3/2023). Foto: Langgeng/NUGres

KEBOMAS | NUGresPengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Matahari Terbit, secara resmi menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD), yang dibuka pada Kamis (2/3/2023), di Gedung NU Cabang Gresik, Jl Wahidin Sudirohusodo, Kebomas.

“Manifestasi Militansi Kaderisasi untuk Kader Mujahid PMII Berintelektual Tinggi” menjadi tema yang diusung dalam pelatihan tersebut. Adapun dalam prosesnya, para peserta yang hadir ikuti pembukaan PKD secara berurutan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathan, Mars PMII, dan panjatan doa, serta sambutan-sambutan.

Agenda PKD dibuka oleh Pengurus Cabang PMII Gresik yang diwakili oleh Muhammad Irham. Sahabat Irham demikian sapaannya, menyampaikan bila pentingnya PKD dalam jenjang kaderisasi formal untuk pengembangan PMII di Kabupaten Gresik.

“Pelatihan Kader Dasar merupakan jenjang kaderisasi formal kedua setelah MAPABA di PMII. Untuk itu, para kader yang mengikuti kegiatan PKD akan dinobatkan sebagai anggota yang siap menjadi pemimpin PMII. Hal ini sangat penting untuk pengembangan kaderisasi formal PMII khusunya di Kabupaten Gresik,” harapnya dalam pembukaan.

Simak Juga:  Puluhan Aktifis PMII UQ Kirim Doa 7 Hari Korban Tragedi Kanjuruhan

Ketua PK PMII Matahari Terbit Moh. Ahsin Mubarok, dalam kesempatan yang sama mengingatkan, agar peserta PKD mengikuti rangkaian kegiatan dan materi PKD dengan serius sejak awal hingga akhir kegiatan.

Advertisment

“Kalian harus bersungguh-sungguh dalam kaderisasi sejak tahap ini. Sebab materi dan pengalaman berorganisasi tidak akan pernah kalian dapatkan di bangku perkuliahan,” ucapnya.

Menurutnya, aktivitas berorganisasi dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan potensi diri serta mengembangkan cara berpikir dan kualitas pribadi sebagai mahasiswa. Dengan bekal ini,  sahabat Ahsin meyakinkankan nantinya seorang kader mampu bersaing dalam pengembangan diri selanjutnya.

“Pengalaman berorganisasi tidak hanya bermanfaat di dunia gerakan mahasiswa, namun juga kepada masyarakat,” sampainya.

Dalam sambutan laporan Ketua Pelaksana PKD Langgeng Eko Winulyo, juga menyampaikan bahwa pelaksaan PKD ini sudah lama tidak terlaksana yang mengakibatkan banyaknya persiapan yang perlu dimatangkan oleh panitia pelaksana agar PKD ini terlaksana dengan lancar.

Simak Juga:  Menuju Hari Pelantikan, Bupati Gresik Beri Apresiasi Kepada PC IPNU IPPNU Gresik

“Setelah kurang lebih 5 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2018 Pelatihan Kader Dasar Pijar Matahari yang dilaksanakan oleh PK PMII Matahari Terbit akhirnya terlaksana kembali pada tahun ini dengan tetap mengusung nama kegiatan Pelatihan Kader Dasar PK Matahari Terbit PIJAR MATAHARI yang kedua,” ujarnya dalam laporan pembukaan

Pihaknya juga memohon doa dan dukungan agar pelatihan dengan jumlah peserta sebanyak 22 oranh ini dapan berjalan dengan lancar. yang akan di laksanakan selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 2 – 5 Maret 2023, dengan titik awal di Gedung NU Cabang Gresik serta akan berlanjut di Villa Damar Sewu Pacet Mojokerto. (Langgeng/Chidir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *