Peduli Pendidikan, PWNU Jatim Berikan Beasiswa Kepada 1000 Santri Berprestasi

0
449

GRESIK | NUGes – Koordinator Pendidikan Sumber Daya Manusia Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur sosialisasikan program beasiswa sarjana strata (S1) untuk santri yang berprestasi. Target tahun 2020 ada 1000 peserta/santri. Kegiatan ini digelar di Aula Rusyaifa Ponpes Mambaus Sholihin Suci, Manyar Gresik, Sabtu (7/3/2020).

Beasiswa prestasi bidang keagamaan ini meliputi penguasaan kitab kuning, tahfidz (minimal 5 juz 10 juz), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dan dua jalur prestasi olahraga.

Lma Perguruan Tinggi negeri favorit di Jatim telah bekerjasama dengan PWNU Jatim, antara lain UNESA, Univ Brawijaya, UNM Malang, UTM Madura dan UPN Surabaya.

Wakil Ketua Tanfidiyah PWNU Jatim KH. Ahsanul Haq menjelaskan, selama ini pihaknya melhat banyak sekali peluang beasiswa di Perguruan Tinggi. Tapi kenyataanya banyak sebagian santri dari pesantren belum tertampung secara maksimal.

“Sehingga PWNU sangat perlu melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan negeri untuk membuka peluang bagi santri yang berprestasi bisa masuk perguruan tinggi dengan beasiswa,” katanya.

Menurut KH. Ahsanul Haq, program beasiwa oni sudah memasuki tahun ke 2 dari tahun 2019 dengan mekanisme persayaratannya sama persis seperti pada umumnya mahasiswa baru mendaftar di perguruan tinggi baik melalui SBMPTN, SNPTN, atau Mandiri

“Kita lakukan alur yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri, hanya saja nanti dilampiri rekom dari PWNU, dengan menyertai prestasi peserta beasiswa,” sambungnya.

Insyallah tahun depan akan melebarkan sayap dengan menggandeng lebih banyak perguruan tinggi dan lebih banyak kouta yang disiapkan.

Sementara itu, pengurus cabang NU Gresik Masruron menyampaikan, PCNU menyambut baik program beasiswa ini. Yang harus kita serius adalah mekanisme rekomendasi agar tepat sasaran.

“Dengan adanya beasiswa untuk warga NU Gresik, santri atau anak-anak warga NU punya kesempatan lebih besar masuk fakultas umum atau eksak, jadi tidak agama saja,” jelas ruron.

Ia menbahkan, dari PCNU sendiri hanya melampurkan rekomendasi dan memfasislitasi saja dan untuk teknis pelaksanaan semua wilayah PWNU Jatim semua.

Kontributor : Miftahul Faiz

Editor : Ahmad Zain

Leave a reply