Mengenang Sosok Kiai Sjafik Djamhari

0
744

GRESIK | NUGres – Bagi masyarakat Kabupaten Gresik, tidaklah asing akan sosok KH Sjafik Djamhari. Terutama bagi masyarakat yang terletak di kawasan pusat perniagaan, yakni daerah Pasar Kota Gresik.

Kiai Sjafik Djamhari adalah seorang Ulama’ sekaligus Umara’ yang pada akhirnya telah mempengaruhi dan mengambil andil besar dalam membentengi khazanah keislaman warga Kota Gresik di sekitar tahun 80-an.

Mantan Rois Syuriah PCNU Gresik ini memang dikenang sebagai seorang guru ngaji yang istiqomah dan ikhlas. Tak sekalipun Kiai Sjafiq tidak menolak mengajar meski hanya ada satu atau dua yang mengaji di rumahnya.

Yang tidak kalah menarik dalam seluruh gerak dan pengabdian dakwahnya, sang Kiai tidak pernah sedikit pun membebani warganya. Ia tidak menarik ongkos atau ‘bisyaroh’ atas ilmu agama yang diajarkannya.

KH. Sjafik Djamhari juga dikenang sebagai pendidik yang sangat mencintai anak kecil. Dirinya sangat menyadari bila belajar mengaji dan ilmu agama di usia dini merupakan hal yang teramat penting. Karenanya, ia kerap merogoh sakunya untuk memberikan hadiah jajan atau manisan kepada anak-anak agar senantiasa semangat dalam mengaji.​

Sikap hangat dan ramah pada semua warga, rupanya membuat warga tidak dapat menampik kesantunan dan kharisma Kiai yang pernah menjadi anggota DPRD Gresik dan anggota Badan Pemerintah Harian Kabupaten Surabaya ini. Jalan setapak, gang perkampungan pun seolah menjadi saksi abadi suluk dakwah bagi pengagas dan pendiri Jam’iyatul Quro wal Huffadz di Kabupaten Gresik ini.​

Sedangkan Langgar Sawo Kemuteran, langgar tinggalan Sunan Maulana Malik Ibrahim menjadi tempat bagi Kiai kelahiran Bekakahan Pekauman ini untuk mengajarkan Al Qur’an di tiap bulan Ramadhan.

Bisa dikatakan bila KH Sjafik Djamhari ini melanjutkan tradisi dari KH. Ahmad Danyalin. Dan, bersama kakak kandungnya KH Salim Djamhari mengasuh beberapa majlis pengajian hingga akhir hayatnya.

Bagi warga Gresik yang ingin mengenang jasa KH Sjafik Djamhari dapat ikut serta dalam majlis Peringatan Haul Ke-30 pada Sabtu 14 Maret 2020, bertempat di Jl. KH Kholil Gang 13 Gresik. Untuk kaum bapak-bapak dimulai pukul 15.00 WIB (Ba’dal Ashar) dan untuk ibu-ibu dimulai pukul 18.00 WIB (Ba’dal Maghrib).

Penulis : Chidlir A.

Leave a reply