LF PBNU Umumkan Permulaan Rabi’ul Awal 1444 Hijriyah 27 September 2022

0
208

GRESIK | NUGres – Lembaga Falakiyah (LF PBNU) menerbitkan surat pengumuman tentang awal bulan Rabi’ul Awal 1444 Hijriyah. Surat resmi dalam format digital itu tersebar secara luas melalui grup whatsapp.

Dalam surat resmi Lembaga Falakiyah PBNU Nomor : 029/LF-PBNU/IX/2022 tentang awal bulan Rab’iul Awal 1444 H itu, terdapat sedikitnya 4 poin yang sampaikan kepada warga Nahdliyin di seluruh dunia.

“Telah dilaporkan penyelenggaraan hilal pada Senin Kliwon Shafar 1444 H/26 September 2022 M. Laporan tiap lokasi rukyatul hilal pada saat ini terlampir. Terdapat 3 lokasi yang melihat hilal,” tulis surat tersebut untuk poin pertama.

Pada poin kedua, “Sebagai tindak lanjutnya, maka awal bulan Rabi’ul Awal 1444 H bertepatan dengan Selasa legi 27 September 2022 M (mulai malam Selasa) atas dasar rukyah.”.

Selanjutnya di poin ketiga, dalam surantnya LF PBNU mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal.

Kemudian pada poin keempat, LF PBNU mengharapkan jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se-Indonesia berpartisipasi secara aktif untuk menyebarluaskan ditetapkannya awal bulan Rabiul Awal 1444 H, khususnya kepada warga Nahdlatul Ulama.

Dalam surat resmi tersebut, LF PBNU jugal mengajak membaca doa menyambut Rabi’ul Awal. Diketahui, Bulan Rabi’ul Awal memiliki keistimewaan di dalamnya. Oleh karena itu umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan amalan di bulan Rabiul Awal.

Surat tersebut juga diamini oleh Ketua LFNU Gresik, Muchyidin Hasan. “Betul, Tim LFNU Gresik melakukan rukyatul hilal awal Robiul Awal 1444 H di Balai Rukyat NU Condrodipo, dan melaporkan melihat hilal atas nama Ustadz H M Inwanuddin,” ujarnya.

Setelah melalui proses dan telaah tersebut, LFNU Gresik menindaklanjuti dengan melaporkan ke PCNU Gresik, LF PWNU Jatim dan LF PBNU tentang keberhasilan melihat hilal.

Bulan Rabi’ul Awal sering juga dikenal dengan Bulan “Mulud” atau Maulid. Dimana bulan ini juga bertepatan dengan hari lahirnya Kanjeng Nabi Muhammad SAW. (Chidir)

Leave a reply