Kota Santri Memanas, Usai Viral Ujaran Penistaan Pada Salah Satu Kyai Sepuh di Gresik

0
17516

GRESIK | NUGres – Kecaman terhadap penghina KH. Masbuhin Faqih, Kyai sepuh NU pengasuh Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik muncul dari berbagai kalangan.

Diketahui, penghina KH. Masbuhin Faqih tersebut diketahui bernama H. Nawawi Kasiadi, warga Desa Hulaan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Melalui Grup Whatsapp Warga Nahdliyyin Gresik, H. Nawawi Kasiadi mengomentari video statement KH. Masbuhin Faqih yang merestui pencalonan Gus Yani sebagai Calon Bupati Gresik dengan nada hinaan. Komentar H. Nawawi Kasiadi pun memantik reaksi para Santri dan Alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin.

Isi komentar yang dimaksud, “Ngomonge wis gak teteh….πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ngomong opo iki…πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ Ngomong ngae wis gak jelas kok Sik Melik ngurusi politik…πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„sadar….sadar….umur Riko kari mek sak gongan….. πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„β˜οΈπŸ‘πŸ™,” tulis H. Nawawi Kasiadi dalam Grup Whatsapp.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum HIMAM (Himpunan Alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin), Dr. Maftuh mengatakan, ujaran penghinaan tersebut sudah kelewat batas. Menurutnya, penghinaan ini sangat melukai hati kami para santri beliau.

“Kami mengecam keras sikap tersebut, kami telah memutuskan untuk menindaklanjutinya ke jalur hukum, agar dipertanggungjawabkan secara hukum,” kata Maftuh, Sabtu sore (05/12/2020).

Dari pantauan NUGres, ratusan alumni dan santri Mambaus Sholihin dari berbagai daerah mulai berdatangan. Usai melaporkan ke Polsek Menganti, massa santri bergerak ke rumah Nawawi Kasiadi di Desa Hulaan.

Hingga berita ini diturunkan, warga NU yang terdiri dan para santri dan alumni sejumlah pondok pesantren di Gresik melaporkan H. Nawawi Kasiadi ke aparat Kepolisian. Kediaman H. Nawawi Kasiadi juga dipenuhi warga NU yang menuntut untuk meminta maaf.

“Kami memang langsung bergerak, dan malam ini kita tuntaskan pelaporan ke pihak polres. Kami juga mohon maaf pada pihak kepolisian jika agak menggangu, mengingat jumlah alumni yang datang berbagai daerah tak bisa di bendung,” lanjut Maftuh.

Seperti diketahui, KH. Masbuhin Faqih ialah Kyai atau Ulama yang berpengaruh di Gresik. Selain itu, KH. Masbuhin Faqih juga memiliki silsilah yang mulya dan agung, yakni sampai ke Sunan Giri. Kalau diruntut, KH. Masbuhin Faqih adalah keturunan ke-12 dari kanjeng Sunan Giri Syeih Maulana Ishaq.

Pewarta : Rifqi

Leave a reply