Khatib Salat Id Masjid Jamik Nurul Hidayah Ajak Umat Muslim Tingkatkan Kebaikan Usai Ramadhan

oleh -102 Dilihat
Pelaksanaan Salat Idulfitri 1444 H, Sabtu pagi (22/4/2023) kemarin, di Masjid Nurul Hidayah Padeg Cerme. Foto: Tim dok. Takmir Masjid Nurul Hidayah/NUGres
Pelaksanaan Salat Idulfitri 1444 H, Sabtu pagi (22/4/2023) kemarin, di Masjid Nurul Hidayah Padeg Cerme. Foto: Tim dok. Takmir Masjid Nurul Hidayah/NUGres

CERME | NUGres – Takmir Masjid Jamik Nurul Hidayah Desa Padeg Cerme Gresik menggelar pelaksanaan Salat Idulfutri 1 Syawal 1444 Hijirah, Sabtu (22/4/2023) kemarin.

Penyelenggaraan Salat Id dimulai pada pukul 06.00 WIB. Bertugas sebagai Imam dan Khatib yakni Ustaz H. Muhammad Mujib yang merupakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik. Adapun Bilal Ustaz Abdul Khamid.

Dalam Khutbahnya Ust. H. Muhammad Mujib. menyampaikan bahwa penerimaan puasa seseorang dapat diketahui dari peningkatan kebaikan seorang Muslim yang bersangkutan.

“Kalau setelah Ramadhan ini tambah baik, maka itu indikasi puasanya diterima. Misalnya, dia dapat menjadi wira’i, zuhud, istiqomah, tambah rajin bersedekah, tambah rajin ke masjid, tambah sayang kepada keluarga, dan seterusnya. Ini indikasi kalau puasanya diterima Allah SWT,” tutur tokoh asal Sidayu, Gresik ini.

Advertisment

Simak Juga:  Remas Nurul Hidayah Padeg Cerme Peringati Nuzulul Qur'an, Hadirkan PCNU Gresik Sebagai Pengisi Tausiyahnya

Usai melaksanakan Salat Idulfitri, H. Mujib juga menyampaikan pesan dan harapan agar momen Idulfitri 1444 H ini, warga muslim ada peningkatan ke arah bertambahnya kebaikan. “Selain itu, puasa juga membentuk pribadi muslim yang amanah dan membentuk pribadi muslim yang penyantun,” harap tokoh yang kini berkhidmat di Lembaga Pendidikan Maarif NU Cabang Gresik ini.

Sementara itu dalam pelaksanaan Salat Id Masjid Jamik Nurul Hidayah Desa Padeg Cerme Gresik menyediakan tempat bagi ribuan jemaah yang melaksanakan Salat Idulfitri 1444 Hijriah. Jamaah terlihat memenuhi lantai dua juga halaman masjid hingga menganjur sampai ke Balai Desa Padeg Cerme.

Jemaah bisa masuk lewat pintu depan dan selatan masjid bagi jama’ah pria. Sedangkan untuk pintu utara bagi jamaah wanita. Sementara untuk tamu khusus seperti imam dan khatib, akan langsung dikawal dan didampingi Banser Ranting NU Padeg.

Simak Juga:  MWCNU Cerme Gelar Lailatul Ijtima', Ketua PCNU Gresik Ajak Pengurus Ranting NU Semangat Berkhidmat

Sebelum dilaksanakan Salat Idulfitri 1444 H dari Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Jamik Nurul Hidayah Desa Padeg, Mudin Tony Wahyu Santoso, menyampaikan pengumuman dan laporan zakat fitrah dan zakat mal dan sudah disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Acara shalat dan khutbah hari raya ditutup dengan musafahah Jajaran Pengurus Takmir Masjid Jami’ Nurul Hidayah Desa Padeg dengan Jamaah dilanjutkan ramah tamah, dan dokumentasi/foto bersama.

“Untuk tahun ini ada penambahan tempat shalat di aula masjid yang baru dibangun, semoga dengan adanya persiapan yang bagus dan penambahan fasilitas yang baru, pelaksanaan shalat ied bisa berjalan dengan baik, kami juga mengucapkan kepada pengurus takmir, remas dan banser Ranting NU Desa Padeg yang telah banyak membantu kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini, semoga amal baik tersebut menjadi amalan mutaqobbalan yang diterima dan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT,” kata Ketua Takmir Masjid, Moh. Jufri, Sabtu (22/4/2023) malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *