Himpunan Mahasiswa STAI AL Azhar Menganti Galang Donasi Kemanusiaan Korban Gempa Cianjur

0
209

MENGANTI | NUGres – Bencana alam menjadi salah satu tragedi yang tidak pernah diinginkan oleh berbagai pihak, dari sekian jenjang strata sosial manusia di semua penjuru dunia. Begitu pula kejadian gempa bumi yang terjadi di Cianjur Jawa Barat yang menelan ratusan korban jiwa.

Maka uluran tangan, rasa simpati dengan bentuk sumbangsih material maupun moral sedianya telah dilakukan bangsa Indonesia secara bersama-sama, untuk meringankan beban duka musibah gempa bumi Cianjur Jawa Barat yang terjadi pada Senin 21 November 2022, lalu.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Himpunan mahaiswa progam studi pendidikan agama islam Sekolah Tinggi Agama Islam (Himaprodi PAI STAI Al Azhar, Menganti Gresik). Mereka tergerak dan merespon peristiwa tak terduga itu dengan menggalang donasi kemanusiaan.

Mereka melakukan penggalangan dana dan menyisihkan uang pribadi untuk korban terdampak gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Hal tersebut sebagaimana Ketua Himaprodi STAI Al-Azhar Menganti, Gresik sampaikan.

“Seluruh pengurus dan anggota himpunan turun ke jalan, aksi nyata dan berikhtiar untuk menggalang dana dari berbagai pihak, kemudian disalurkan kepada saudara-saudara korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat,” tutur Ketua Himaprodi PAI STAI Al Azhar Menganti Gresik, Lilik Husniah, Ahad (27/11/2022) pagi.

Simak Juga  Resmi Dilantik, PC Muslimat NU Gresik Ingin Dirikan Pondok Lansia

Selain itu, aksi penggalangan dana juga dilakukan oleh jajaran himaprodi lain, di bawah naungan STAI Al-Azhar Menganti Gresik. Penggalangan dana berlangsung mulai pukul 08.00 WIB . Adapub beberapa titik penggalangan dana mulai dari simpang empat Pasar Menganti Gresik, Kota Baru Driyorejo (KBD) hingga wilayah Lakarsantri, Surabaya.

Koordinator penggalangan donasi bencana gempa Cianjur, Bayu Dwi Prastiyo menambahkan, apa yang telah dilakukan oleh anggota himpunan mahasiswa ini, mencerminkan bila eksistensi mahasiswa siap hadir ketika dibutuhkan masyarakat.

“Ketika saudara kita membutuhkan maka tidak ada pilihan lain selain membantu semaksimal kita. Selain itu, kami jajaran mahasiswa juga menyisihkan uang saku pribadi kita, untuk korban gempa Cianjur. Meskipun tidak banyak, tapi ini adalah dukungan dan doa terbaik untuk para korban,” ujar Bayu.

Sementara itu, dalam proses penggalangan dana, nampak animo warga setempat sangat tinggi untuk membantu. Pengendara di ruas jalan Gresik–Surabaya hingga pedagang kelontong menyalurkan infaq mereka untuk gempa bumi Cianjur. (Arif/Chidir)

Leave a reply