Hilal Terlihat di Condrodipo Gresik, Awal Ramadhan Jumat Besok

0
449

GRESIK | NUGres – Hilal terlihat di Bukti Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik, Kamis (23/4/2020). Hilal terlihat oleh dua orang dengan mata telanjang, dengan ketinggian sekitar tiga derajat.

Terlihatnya hilal menandai penetapan waktu puasa 1 Ramadan 1441 Hijriyah pada tahun Masehi 2020. Kendati hilal terlihat di Kabupaten Gresik, penetapan awal puasa masih menjadi kebijakan pemerintah pusat.

Wakil Kepala Lembaga Falakiyah PCNU Gresik, Jawa Timur Muchyidin Hasan mengemukakan hilal terlihat di Bukit Condrodipo Kabupaten Gresik Jawa Timur. Hilal tersebut dilihat oleh dua orang tanpa menggunakan alat.

“Iya benar, hilal terlihat oleh dua orang pada ketinggian tiga derajat,” ungkap Muchyidin Hasan saat ditemui di lokasi.

Kemudian untuk dua orang yang melihat itu adalah. Ikhawanuddin (43) dan Ashari (55). Keduanya melihat matahari terbenam pada pukul 17:26:03 dan melihat bulan terbenam pada pukul 17:41:49. Kesaksian mereka disumpah oleh Pengadilan Agama (PA) Gresik.

Pengambilan sumpah

Dikatakan Muchyidin ada beberapa cara yang dilakukan untuk melihat hilal. Salah satunya dengan menggunakan mata telanjang dan teleskop motorik. Meski hilal terlihat oleh mata telanjang, pihaknya yakin, saksi yang melihat hilal tersebut sudah terbiasa mengamati hilal setiap bulannya.

“Mereka terbiasa melakukan setiap bulan dalam pengamatan. Apalagi tadi juga disumpah oleh hakim jadi tidak mungkin saksi berbohong,” katanya.

Selain itu, Muchyidin menyebutkan ciri hilal yang terlihat biasanya berbentuk bulan sabit yang kemiringannya tergantung pada arah matahari. Namun tadi sesuai kesaksian, hilal terlihat tepat di selatan matahari.

“Warnanya biasanya putih agak kemerahan. Tadi juga saksi melihat hilal selama lima menit,” ujarnya. (sah)

Leave a reply