Hadirkan Pemred NUGres, PAC IPNU IPPNU Bungah Gelar Workshop Jurnalistik dan Multimedia

oleh -71 Dilihat

BUNGAH | NUGres – Menyambut NU di Abad Kedua, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Bungah, menggelar Workshop Jurnalistik dan Multimedia.

Puluhan kader PAC IPNU IPPNU Bungah terdiri dari utusan Pimpinan Ranting dan Komisariat IPNU IPPNU se PAC Bungah juga beberapa dari luar Bungah mengkuti workshop jurnalistik dan multimedia yang di gelar di MA Maarif NU Assa’adah Bungah.

Pemimpin Redaksi NUGres Media, Chidir Amirullah, dihadirkan untuk membekali materi jurnalistik. Sedangkan materi tentang Multimedia yakni desain grafis, diberikan oleh Ahmad Masgus Syaifullah selaku Pemred As Shohafi.

Dalam kesempatan itu, Chidir menguraikan tentang pengenalan dasar-dasar jurnalistik. Ia mengenalkan peserta cara menyusun berita kegiatan hingga membuat berita kisahan atau yang dikenal dengan features.

Tidak berhenti, Chidir juga membagikan sejumlah langkah serta strategi dalam mengelola dan mengoptimasi media sosial ofisial dari masing platform lembaga peserta.

Advertisment

“Intinya menulis itu mudah. Semua dari kita sudah pasti bisa menulis. Hanya saja kita jarang melatih dan memperbanyak membaca untuk menulis sesuatu hal,” katanya.

Simak Juga:  Konferancab Usai Digelar, Ini Ketua Baru Empat PAC IPNU-IPPNU di Gresik

Sementara itu Masgus mengenalkan desain konten digital atau yang biasa dikenal dengan flyer. Masgus berbagi tips kepada para peserta bagaiman desain flyer yang menarik dengan menggunakan sejumlah aplikasi desain diantaranya Corel Draw dan Photosop.

“Workshop Multimedia yang diselenggarakan oleh PAC IPNU IPPNU BUNGAH menjadi wadah menarik untuk generasi masa kini mengekspresikan kreatifitas nya melalui platform digital, menjadi wawasan dan edukasi melek media . Dan menjadi upgrading tersendiri dalam meningkatkan skill bagaimana multimedia bekerja,” terang Masgus.

Oleh kedua pemateri, para peserta juga diajak untuk mempraktikkan secara langsung kedua materi yang telah didapatkan. Hasil praktik dari beberapa peserta juga dikaji secara bersama-sama sambil melakukan sharing.

Dalam forum ini, menariknya terdapat beberapa peserta berbakat. Bahkan terdapat peserta yang sudah sering berkirim tulisan ke media terkemuka. Tidak hanya itu, beberapa peserta juga ada yang terlibat menjadi freelancer kreator konten media di kampusnya.

Simak Juga:  Malam Tirakatan Dilakukan Sejumlah Kader, Jelang Pelantikan dan Raker PC IPNU IPPNU Gresik 2023-2025

“Workshop ini tentunya akan dapat menjadi nilai tambah bagi yang sudah memiliki potensi, serta menjadi awal bagi yang baru kenal dengan jurnalistik dan multimedia. Kita ingin rekan-rekanita cakap menulis dan mengemas konten digital,” kata rekan Hasib, Ketua PAC IPNU Bungah.

Rekan Hasib juga berharap platform blog dan media ofisial PAC IPNU IPPNU Bungah yang sudah ada yakni KOPIAH.ID dapat dioptimalkan sebagai bagian dari narasi dan ruang berbagi inspirasi Pelajar NU Bungah.

Sekedar diketahui, workshop Jurnalistik dan Multimedia ini sebagai rangkaian dari Event Pelajar Integrated Competition selanjutnya disingkat Epic.

“Rangkaian kegiatan mulai dari ziarah Kubur Mbah Sholeh Tsani, dilanjut Rapimancab dan Kick off, selanjutnya ada berbagai perlombaan futsal, videografi, mobil legend, serta olimpiade Aswaja, Workshop jurnalistik dan Multimedia dan ditutup dengan Pelajar NU Kecamatan Bungah Bersholawat,” kata rekan Izy Ketua Pelaksana Epic. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *