Begini Cara Merawat Songkok Agar Tahan Lama

oleh -40 Dilihat
MENJEMUR. Salah satu perwatan agar songkok tahan lama. Foto: NUGres
MENJEMUR. Salah satu perwatan agar songkok tahan lama. Foto: NUGres

GRESIK | NUGres – Warganet tentu tidak asing dengan salah satu tudung kepala berwarna hitam berbahan kain beludru. Ya, penutup kepala tersebut bernama songkok atau kopiah.

Kabupaten Gresik merupakan salah satu daerah penghasil songkok. Bahkan, songkok Gresik menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat di kabupaten yang berjuluk Kota Santri ini.

Dari Gresik, produk songkok terus mengalir ke berbagai pelosok negeri, bahkan juga ke mancanegara. Terlebih pada momentum tertentu seperti peringatan hari besar islam juga event penting lainnya, permintaan songkok akan semakin meningkat.

Buat warganet yang ingin songkoknya bertahan lama, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan agar songkok awet.

1. Rutin Menjemur Songkok

Perawatan songkok yang pertama yakni menjemur songkok di bawah terik matahari. Tidak lama, hanya puluhan menit. Kira-kira 20 – 30 menit. Ini dilakukan untuk merawat kain beludru supaya tidak layu. Posisikan songkok bagian dalam agar mendapat sengatan terik matahari. Kemudian balikkan  ke posisi semula, biarkan beberapa menit.

Simak Juga:  Jelang Puncak Harlah 1 Abad NU, Perajin Songkok di Gresik Banjir Pesanan

2. Hindari Gesekan dan Melipat Songkok

Karena songkok berbahan beludru yang sangat halus, maka sangat diperlukan perlakuan khusus. Saat berpergian, hindarkan songkok dari goresan dan gesekan. Jangan mencoba menekuk bahkan melipat songkok dan menempatkannya di dalam tas, atau tempat yang sesak bercampur dengan benda keras seperti charger, kabel usb, pulpen, dan lainnya.

3. Hindarkan Songkok dari Air

Selain mencantumkan merek tertentu, biasanya songkok terdapat tulisan “anti-air”. Bisa jadi maksudnya ialah songkok ini nggak dapat diajak bergelut dengan air. Maka sebaiknya songkok tidak diajak buat hujan-hujan. Juga tidak diperlukan merendam, menyikat songkok dengan deterjen demi membersihkannya. Hal ini lantaran beberapa songkok terdapat bahan semacam kertas karton yang membuat songkok terlihat kaku.

Simak Juga:  Lakpesdam NU Gresik Momen Harlah Ke 37 Dengan Mukhasabah Dan Visioner Dalam Berpikir

4. Letakkan Songkok di Tempat Khusus

Warganet bisa meletakkan songkok di tempat khusus. Seperti membuat centelan khusus, atau menempatkan di sebuah rak yang leluasa. Hal ini untuk memastikan bentuk songkok agar tetap seperti saat membelinya yakni kaku dan mengkilat.

5. Hindari Parfum Mengandung Alkohol

Keringat yang keluar dari pori-pori kepala tidak jarang menyebabkan songkok berbau kurang sedap. Warganet tentu dapat menyemprot bagian dalam songkok dengan parfum secukupnya sebelum menjemur. Adapun jenis pewangi lebih baik tidak menggunakan pengharum yang memiliki kandungan alkohol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *