5 Penulis Esai Terbaik Lomba PWI Gresik Mempresentasikan Karya di Depan Anggota DPRD, Berikut Juaranya..

oleh -94 Dilihat
5 Finalis Esais Pelajar Lomba Esai PWI Gresik Mempresentasikan Karyanya, Berikut penentuan Juara. Ilustrasi : Instagram PWI Gresik/NUGres

GRESIK | NUGres – Ratusan pelajar di Kabupaten Gresik berpartisipasi dalam lomba esai tingkat pelajar SMA, dalam perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan HUT PWI ke-77.

Mengutip Gresiksatu.com, lomba esai ini merupakan komitmen PWI Gresik untuk memacu kualitas literasi dalam dunia pendidikan di Kabupaten Gresik.

Ketua PWI Gresik Ashadi Iksan menjelaskan, lomba karya tulis esai digelar untuk mendorong masyarakat semakin memahami pentingnya literasi untuk memahami kebudayaan, ekonomi, pendidikan, serta kondisi yang ada dalam masyarakat.

“Menjadi kepedulian para pelaku di balik layar media untuk berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Salah satunya dengan peningkatan kemampuan generasi penerus mengolah tulisan,” jelasnya, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan yang digelar setiap tahun tersebut memberi kesempatan siswa mendalami dunia jurnalistik. Tidak hanya lomba karya tulis esai yang diadakan, ada juga pelatihan, pendampingan, dipertemukan tokoh legendaris, juga dapur redaksi kantor berita.

Advertisment

“Semoga dapat menjadi ajang motivasi dan batu loncatan untuk menekuni bidang bakat yang dipilih,” ungkapnya.

Simak Juga:  Menengok Tradisi 'Kupatan' di Mengare

Sementara Anggota DPRD Gresik Syaichu Busiri sebagai salah seorang juri seleksi 5 karya terbaik itu, nampak sangat serius menyimak presentasi hasil karya esai yang dibuat peserta.

Ia sangat mengapresiasi kepekaan esais pelajar yang mampu mengangkat problem di masyarakat sebagai karya esainya.

“Sebuah karya mengandung makna tersendiri, dan tingkat literasi yang dimiliki dapat dilihat dari kualitas tulisannya. Kebanyakan berisi gagasan solutif dan visioner bagi dunia pendidikan, tentunya sangat bangga dan mengapresiasi upaya generasi muda membangun negeri melalui literasi,” terangnya.

Berikut 5 esai terbaik yang berhasil mendapatkan Juara :

  • Juara 1, Hilyatut Taqiya, siswi SMK Islamic Qon GKB Gresik. Judul esai; Stop Budaya Pernikahan Dini.
  • Juara 2, Nayaka Mahesa, siswa MAN 2 Gresik. Judul esai; Grisse Youth Creative it Camp.
  • Juara 3, Fitri Karunia Wati, siswi SMK Yasmu Manyar. Judul esai;
  • Juara Harapan 1, Devina Saharani Mariska, siswi SMA Assa’adah Bungah Gresik. Judul esai; Peran Pelajar dalam Pengimplementasian Sosial Budaya di Sekolah.
  • Juara Harapan 2 Dinda Agustin, siswi SMANU 1 Gresik. Judul esai; Sinergitas Penerapan Ramah Anak dalam Masyarakat.
Simak Juga:  Inovatif, LAZISNU Ranting Gumeno Berikan Layanan Jemput Zakat

Editor : Chidir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *