SMK Nurul Islam Belajar Ciptakan Pesawat Aeromodelling

0
215

MANYAR | NUGres – Ada yang berbeda susana di SMK Nurul Islam Manyar Gresik Rabu (18/02/2020) kemarin. Para siswa diberi kesempatan belajar menciptakan pesawat Aeromodelling. Terlihat para siswa sangat antusias karena pembelajaran ini merupakan pengalaman pertama mereka.

Pantauan di lapangan, peserta yang ikut dalam pengenalan tentang aeromodelling yakni 20 siswa SMK dari kelas 10. Tutor dari Tim Aeromodelling, Mahbub Djunaidi yang merupakan santri Mamba’us Sholihin Suci itu terlihat sabar menjelaskan perangkat apa yang harus terpasang di pesawat Aeromodeling.

Menurutnya, cara pembuatan pesawat tidak boleh asal-asalan. Kedua sayap harus seimbang agar pesawat bisa diterbangkan. “Beban pesawat juga harus diperhatikan supaya memudahkan pesawat bisa terbang,” jelasnya kepada para murid.

Kelas Aeromodeling SMK Nurul Islam, Pongangan.

Semantara itu Kepala SMK Nurul Islam manyar, Drs. Abdul Jalal  mengatakan, pembelajaran pembuatan pesawat ini supaya siswa di sekolahnya bisa berinovasi. Utamanya di bidang teknologi. Dia berharap dengan mengundang tutor yang ahli di bidangnya, para murid bisa mengembangkan lebih jauh lagi.

“Sekolah vokasi yang berbasis kejuruan harus mempunyai skill lain dan untuk membentuk kelas Aeromodelling agar para siswa bisa mengembangkan minat bakat utamanya dalam hal pesawat,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, jika SMK Nurul Islam disiapkan untuk mencetak putra-putri bangsa yang handal. Terlebih, Kabupaten Gresik banyak membutuhkan lulusan-lulusan sekolah untuk membangun daerah lebih maju.

Kontributor : Dany

Editor : Aam Alamsyah

Leave a reply