Menteri Desa, Gus Halim Resmikan Wisata Lontar Sewu Desa Hendrosari

0
351

MENGANTI | NUGres – Sebuah destinasi wisata baru, Edu Wisata Lontar Sewu di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Minggu (9/2/20) diresmikan oleh Menteri Desa & Pembanguanan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Wisata yang menyuguhkan pemandangan dan spot Foto yang instagramable, wisata kuliner makanan khas Hendrosari dan juga wahana permainan air tersebut menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat di kawasan Gresik bagian selatan.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa menanda tangani prasasti peresmian destinasi wisata Lontar Sewu

Acara peresmian sekaligus grand opening oleh Menteri Desa didampingi Bupati dan Wakil Bupati Gresik, serta jajaran OPD Pemerintah Daerah. Ketua DPRD dan Anggota, Muspika, Pemerintah Desa Hendrosari dan ratusan Pendamping Desa itu diawali dengan penampilan tari.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Hendrosari menyampaikan, bahwa Desa Hendrosari ini adalah desa yang dulunya dikenal dengan hal-hal negatifnya. Kalau masuk desa Hendrosari itu dikenal istilah ‘budal sehat moleh kumat, karena mendem tuak.

“Tapi Al Hamdulillah. berdasarkan inisiatif dan pemikiran tokoh-tokoh masyarakat, saat ini Hendrosari dikenal dengan wisata kulinernya, dan sekarang kita kembangkan lagi dengan wisata Lontar Sewu. Adanya Dana Desa turut memicu kami lebih inovatif dalam mengembangkan potensi Desa,” ucap Kepala Desa.

Sementara itu, Menteri Desa yang akrab dipanggil Gus Halim itu menyampaikan, bahwa Pemerintah harus punya tolak ukur yang jelas terkait dengan perkembangan Desa. Sebagai acuan dan evaluasi bersama. Kalau hari ini ada berbagai macam tolak ukur maka itu harus disatukan.

“Harus ada upaya peningkatan perekonomian pedesaan, salah satunya melalui Bumdes. Bumdes itu didirikan bukan atas keinginan tapi atas kebutuhan dengan melihat potensi yang ada didesa.
Maka saya sangat mengapresiasi atas inisiasi wisata Lontar Sewu di Desa Hendrosari ini yang mampu merubah paradigma masyarakat negatif menjadi hal yang positif dan juga produktif,” jelas Gus Halim.

Usai menanda tangani prasasti peresmian, rangkaian acara kemudian ditutup dengan bersama-sama meminum minuman khas Desa Hendrosari yakni Legen. Selanjutnya, Mneteri Desa beserta rombongan meninjau setiap spot edu wisata Lontar Sewu.

Kontributor : Khoirul

Editor : Ahmad Zain

Leave a reply