Ma’arif Gresik Berharap Ujian Berbasis Komputer Ditingkatkan

0
131

GRESIK | NUGresUjian Akhir Ma’arif NU (UAMNU) di beberapa sekolah naungan LP Ma’arif sudah dimulai hari ini (13/02/2020). Hal itu seperti terlihat di SMP Walisongo Sembayat, para murid terlihat antusias mengerjakan ujian di depan komputer.

Ujian berbasis komputer itu memang menjadi agenda wajib untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah NU. Kendati demikian, tidak semua sekolah ternyata menggunakan ujian berbasis komputer. Karena itu LP Ma’arif berharap tahun depan seluruh sekolah naungannya bisa menjalankan UAMNU dengan berbasis komputer seluruhnya.

Ketua LP Maarif Cabang Gresik Jazuli mengatakan tahun ini memang banyak sekolah yang sudah melaksanakan UAMNU dengan Berbasis Komputer. Jika diporsenkan hampir 70 persen tingkat SMP MTs menggunakannya.

“Kami berharap  tahun depan sudah 100 persen seluruh sekolah yang di bawah naungan NU Gresik menggunakan ujian berbasis komputet. Hal itu agar tenaga maupun persiapannya lebih mudah dan ringan serta hemat biaya,” ucapnya saat ditemui wartawan Nugres.

Jazuli juga menuturkan UAMNU dapat dijadikan tolak ukur kemampuan belajar mereka sekaligus sebagai acuan persiapan sebelum mereka melaksanakan ujian nasional. Hal itu dapat dilihat dari kisi-kisinya yang mendekati dengan ujian nasional.

“Ujian ini merupakan ciri khas dan identitas bagi siswa yang belajar dan sekolah di bawah naungan LP Ma’Arif NU Gresik. Karena itu dia meminta agar para murid mengerjakan dengan serius dan percaya diri,” jelasnya.

Sementara itu Operator Cabang Yusuf menjelaskan jika tahun ini seluruh SMA/MA/SMK di bawah naungan NU sudah menggunakan komputer sebagai sarana menjawab ujian. Dia berharap tahun depan MTS/SMP juga bisa mengikuti. “Tingkat MTS besok akan menjadi prioritas,” pungkasnya.

Kontributor : Fiqi

Editor : Aam Alamsyah

Leave a reply